Rabu, 13 Januari 2016

Wisata ke pantai ujung gentengku yang belum tuntas

    Kisah kali ini adalah waktu saya ngaprak sampai ke ujung genteng - Sukabumi. Kebetulan dulu ada teman di sana, jadi atur waktu mengajaknya pulang sekaligus liburan. Perjalanannyapun sudah lebih dari 3 tahun yang lalu, cuma baru kali ini sempat di abadikan dalam sebuah tulisan.
Sebenarnya pantai ujung genteng dan pantai sawarna jika dari jarak tempuh hampir sama, tapi karena kondisi perjalanannya yang masih sepi maka perjalanan ke ujung genteng benar - benar berasa menuju  ujung. Tak heran wisata ke pantai sawarna lebih ramai dari pada pantai ujung genteng.


    Pantai ujung genteng berlokasi di desa gunung batu kecamatan ciracap Sukabumi - Jawa barat. 
Dari jakarta kurang lebih berjarak 220 - 230 km. Ujung genteng salah satu pantai indah dan salah satu destinasi favorite para wisatawan. Berada di selatan pulau jawa dan berbatasan langsung dengan samudera hindia. Biota dan kebersihannya masih cukup terjaga. kenapa ? karena alasan utamanya jauhnya itu dan di sepanjang perjalanan masih sepi dari pemukiman, perjalanannya pun dikenal cukup rawan. makanya jadi pertimbangan bagi yang ingin ke kawasan ini. Terutama yang ingin mengendarai sepeda motor.
Ujung genteng bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, tetapi baiknya sih kendaraan pribadi karena selain transportasinya masih jarang mereka pun kadang harus menunggu penumpang hingga terisi / penuh. Selain dari pada itu jika dengan kendaraan pribadi kita bisa menyinggahi beberapa tempat wisata lainnya, karena dari pesisir satu ke yang lainnya lumayan jauh. Selain itu tak jauh dari ujung genteng pun bisa mampir ke salah satu curug yang indah yang ada di sana " curug cikaso.

*  Tapi kalu ingin ala - ala backpacker kurang lebih referensinya jika menggunakan angkutan umum : 
    Jakarta - Sukabumi Rp 30 - 40.000 via kereta / bus # Sukabumi - lembur situ Rp 5 - 10.000 Lembur situ - Surade Rp 25 - 30.000 # Surade - ujung genteng Rp 20.000 estimasinya bisa 10 - 12 jam berikut waktu transit dan ngetemnya.
 *  Jika memakai kendaraan pribadi rutenya :
      Pertama ; Ciawi - Cibadak - Cikidang - Pelabuhan ratu - Cikembar - Jampang kulon - Surade -  Ujung genteng
      Kedua  ; Ciawi  - Cibadak - Sukabumi - Jampang tengah - Jampang kulon - Surade - Ujung genteng

  Kami start dari jakarta sabtu siang Pukul 13.00 dengan kendaraan pribadi dengan rute yang ke dua. Perjalanan panjang dan melelahkan serta kondisi jalan yang sepi dan berkelok - kelok, apalagi setelah melewati sukabumi. Sempat istirahat di kota sukabumi sekalian shalat magrib dan menikmati nasi goreng. Karena tujuan istirahat dan menginap di rumah teman, sampai di sana hampir jam 10 malam. Setibanya langsung di sambut dengan nasi hangat dan lauk pauk. Setelah makan lalu ngobrol santai dengan keluarga di temani beberapa aneka gorengan has kampung dan kopi hingga rasa ngantuk tiba. Pagi tiba kembali di sambut aneka gorengan dan minuman hangat tak lama nasi goreng pun menyambut setelah menunggu antriannya. Hmmmm..... cuma makan aja sih yang masih teringat jelas di kepala moment waktu itu haha...
 Tak butuh waktu lama gorengan nasi goreng dan habis tak bersisa. Lalu kami semua di antar ke Pantai ujung genteng dan sekaligus berpamitan dengan orang rumah, karena selepas dari pantai kami akan langsung pulang kembali ke jakarta. Karena teman yang orang sana masih cuti dia mengantar dengan motor. Waktu tempuh dari rumahnya tidak sampai satu jam sampai lokasi.
mobil yang kami sewa

    Sampai di pantai tak pikir panjang kami semua langsung bermain dan menikmati keindahan alam yang ada di ujung genteng, menikmati hamparan pasir yang membentang, airnya yang jernih, aneka biota - biotanya yang masih beraneka ragam, mandi dan lain sebagainya. jika agak ke tengah akan terlihat jelas rumput laut / alga dan terumbu karangnya yang juga masih asri.  Untuk ke area penangkaran penyu tak sempat mampir karena punya plan ke curug cikaso. Area penangkaran penyu masih berjarak beberapa kilometer dari lokasi kami.





   Sempat lupa waktu keasikan bermain di pantai, setelah bersih - bersih kami pun berpamitan untuk kembali pulang. Imbas keasikan di pantai akhirnya plan untuk ke curug cikaso pun di cancel karena sudah agak sore, tujuan berhenti selanjutnya adalah Jakarta.
Curug cikasonya kapan ? next time aja ya , next timenya kapan ? ya next time kl ada waktu . Sudah 3 tahun next timennya masih menjadi misteri : )
Misterinya adalah karena belum sampai curug cikaso dan ke penangkaran penyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar