Sabtu, 14 November 2015

Jika ingin mengetahui dunia " Membacalah. Jika ingin diketahui dunia " Menulislah



“ Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tdak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” ( Pramoedya Ananta Toer )
       Ingin mengetahui dunia ” Membacalah  Ingin diketahui dunia ” Menulislah
   Ungkapan yang sering di dengar terutama bagi para bloger. tapi ya ungkapan itu memang benar adanya. Tapi alasan utama saya membuat blog ini adalah untuk menyimpan memori perjalanan dan pengalaman semasa hidup, merekam sejarah, dan mengisi waktu luang. Memori dan otak kita seiring waktu akan sulit mengingat perjalanan dan pengalaman yang telah kita lalui, karena dari hari kehari otak kita akan terus dijejali dengan kenangan baru, masalah baru, tugas – tugas, dan lain sebagainya. salah satu cara menyelamatkannya ya menyalinnya dalam sebuah tulisan.
Bagi sebagian orang yang mencari ilmu, menulis adalah salahsatu cara untuk mengikat ilmu itu. Terkadang ilmu itu datang dengan berfikir, terkadang dengan lisan, dan terkadang dengan tulisan.” Lalu beliau menambah dengan atsar, “Ikatlah ilmu dengan catatan.” ( ibnu katsir )
Imam asy-Asyafi’I menilai orang yang tidak mau memcatat ilmu yang ia dengar, itu seperti pemburu yang tidak mau mengikat hasil buruannya. Beliau berkata, “Ilmu itu adalah buruan, sedangkan catatan laksana tali pengikat. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Adalah tindakan yang bodoh jika Anda menangkap merpati lalu Anda biarkan ia terlepas bersama kawanannya.”
Tulislah sesukamu. ” About me’ not about you –  my life’ not your life “. Ya ini memang blog pribadi, tulis apa yang kau mau bukan apa yang mereka mau. Tulis yang kau suka, bukan apa yang mereka suka. Tetapi sayang jika tulisan kita tidak bisa memberi mamfaat bagi yang lain. Banyak waktu, fikiran terbuang begitu saja jika tulisan kita hanya asal tulis. Minimal bermamfaat buat diri dan keluarga syukur jika bisa bermamfaat buat orang lain. Tulisan yang kita buat akan di baca oleh orang lain, bahkan jika kita telah meninggal sekalipun. tulisan kita akan tetapa abadi.
Tulisan yang akan banyak di share di sini sebagian besar pengalaman traveling, bacpacker n’ mountainering. karena ;
  • Dalam perjalanan ini kita bisa menemukan pendidikan karakter, mental, nurani terhadap manusia dan alam.
  • Belajar banyak hal ketika melakukan perjalanan.
  • Kamu akan menemukan hal yang berbeda dari kehidupan rutinitasmu.
  • Kamu akan bangga terlahir di Indonesia.
  • Kamu bisa menerjemahkan surga saat ini tampa harus menunggu surga yang akan kita rasakan   sesudah mati.” Dunia ini indah apalagi surga “
  • dunia ini tak seluas kotamu , kostsan mu apalagi daun kelor.
  • Kamu bisa menerjemahkan kata “rumah” tampa harus menuju rumah.
  • Menumbuhkan rasa syukurmu, karena kau akan melihat masih banyak orang yang di bawahmu, banyak yang mengharapkan dia sekarang seperti dirimu.
  • Kamu juga akan menemukan teman baru, sahabat baru mungkin juga jodohmu *ea
Mungkin coretan dan kisah perjalanan saya ini bisa menjadi referensi buat agan -agan sekalian yang mempunyai tujuan / berencana melakukan perjalanan yang sudah saya sambangi. jika ada yang kurang ya mohon – mohon maaf, itu karena kebodohan dan keterbatasan saya. thanks …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar