Minggu, 15 November 2015

Mau ngajak pemula mendaki' Gunung Lembu bisa di jadikan referensi

 "Menikmati Waduk Jati Luhur dari Sisi yang lain "

   Jika hobimu mendaki gunung, dan terbesit mungkin suatu saat ingin sesekali mengajak si dia atau temanmu mendaki. Jika dia memiliki hobi yang sama sih tak masalah, jika tidak' apalagi dia belum pernah sama sekali pergi ke gunung. Pasti ada sedikit keraguan di benak kita untuk mengajaknya. Atau juga jika belum bisa mendapatkan ijin orang tua untuk menginap di luar. Jika kebetulan juga kalian berdomisili di Ibu kota dan sekitarnya' Gunung Lembu bisa di jadikan referensi untukmu.


  Gunung Lembu berada di Kp Panunggal, Desa Panyindangan, kecSuka Tani, Kab Purwakarta - Jawa Barat, dengan ketinggian kurang lebih 780 mdpl. Sebenarnya masih kategori bukit sih bukan gunung. Dinamakan gunung lembu, karena gunung ini mempunyai 2 undakan menyerupai punggung lembu. juga di sini dahulu merupakan tempat menggembala lembu penduduk sekitar.
Jika memang domisilimu masih  JABODETABEK, Karawang, apalagi Purwakarta. Ada beberapa alasan kenapa Gunung Lembu ini layak untuk di kunjungi :
  • Jarak ke lokasi tidak terlalu jauh, bisa juga ODT "One Day Trip". pas bagi yang membutuhkan nuansa alam,tampa harus cuti .
  • Di suguhi pemandangan yang indah dan view waduk jatiluhur
  • Suhu udara tidak terlalu dingin, baik pagi / malam. 
  • Track perjalanan tidak membutuhkan waktu lama, sehingga tidak memerlukan logistik yg banyak, dsb.
   Ada beberapa cara untuk di tempuh dari Jakarta dan sekitarnya ke Gunung lembu ;
  1. Dengan kereta api, turun di stasiun sukatani Purwakarta. di lanjutkan dengan carter angkot / bak terbuka hingga lokasi. *pintar nego
  2. Dengan menggunakan bus dari terminal kp rambutan - purwakarta. di lanjutkan dengan carter angkot / bak terbuka hingga lokasi. * pintar nego
  3. Dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Jakarta - bekasi - karawang - purwakarta. masuk dari arah pasar sukatani, ikuti jalan utama hingga ada plang ke kiri arah gunung bongkok dan gunung parang, ke arah kanan Gunung lembu.
   Kondisi jalan sudah cukup bagus, hanya beberapa ratus meter setelah pasar sukatani hingga stasiun yang agak rusak. Sesampainya di basecamp parkiran cukup luas untuk kendaraan. Di pos di jaga ada petugas desa, dan masih di kenakan restribusi seikhlasnya ( sepantasnya ). Warung - warung pun sudah ada beberapa untuk melengkapi persediaan logistik dan air, karena di atas tidak ada sumber air.
Di awal pendakian kita akan melewati kebun bambu dengan track yg lumayan terjal. Setelahnya kita sampai pos / undakan pertama .  ada beberapa warung kopi dadakan untuk sekedar istirahat, ngopi dan membeli persediaan air. waktu yang di butuhkan kurang lebih 45 menit. sisanya hingga puncak memeakan waktu yg sama. Tak berapa lama jalan akan sedikit menurun, kita akan sampai di perbatasan undakan. Dari sini view waduk jati luhur sudah tampak jelas.



Perjalanan menuju punggungan yg ke dua kembali sedikit menanjak.


   Punggungan ke dua di dominasi batu - batu besar. Ada juga yang berbentuk lempengan seperti menhir. Mendekati akhir pendakian jalan agak sedikit menurun. Terdapat space yang agak besar untuk beberapa tenda jika ingin mendirikan tenda. 
Akhir pendakian berupa batu raksa yang meyerupai sebuah teras raksasa. Uniknya teras ini menyerupai batik seolah - olah buatan / ukiran yang di sengaja. Padahal ini murni buatan alam.


Kiri ke kanan ; Teman nizar - Nizar - dede - me - teman nizar

Dari sini kita bisa menikmati pemandangan sekitar. waduk jatiluhur terhampar luas, Beberapa bukit dan gunung lainnya pun tampak jelas bisakita nikmati dari sini.



Sunset pun tak kalah indah.




Atau buat kalian yang hobi membuat siluet " silhouete "




  Waktu yang di butuhkan pendakian 1,5 - 2 jam, jika turun lebih cepat 30 menit, jadi jumlah total untuk pendakian PP yang di butuhkan 3 jam. Budget yang di butuhkan tidak terlalu besar terutama yang berdomisili JABODETABEK , apalagi bila pergi 6 - 8 orang bisa share cost untuk carter angkot / mobil bak. Selamat mencoba guys n' enjoy your trip .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar