Kamis, 11 Februari 2016

Taman suropati tempat kongkow - kongkow alternatif di Jakarta


  Nih guys ada salah satu tempat nongkrong asik di sebuah taman yang ada di kawasan Menteng - Jakarta Pusat. Taman Suropati yang sudah ada sejak jaman belanda ini kini di hari kerja biasa ramai di kunjungi sore hingga malam hari, kebanyakan yang mengunjunginya adalah para pemuda atau para karyawan yang sengaja mampir entah untuk sekeda melepas lelah / mengusir kepenatan setelah melakukan rutinitasnya sebelum kembali ke rumah mereka masing - masing. Tapi jika di hari weekend taman ini ramai di kunjungi dari pagi hingga malam, pada hari libur banyak masyarakat sekitar pun menghabiskan waktu dan bercengkrama di taman ini bersama putra putri mereka.
5 - 6 tahun yang lalu taman ini tak seramai sekarang. Awalnya di taman suropati ini hanya ada satu komunitas " Komunitas chamber ", salah satu komunitas pecinta biola yang menjadikan taman ini basecamp untuk menyalurkan hobi  mereka dan membagikan keterampilannya kepada yang ingin belajar, saat ini komunitas ini sudah menjadi grup orchestra yang sudah manggung di sana sini. Kini taman ini pun sudah ada komunitas lain yang ikut bergabung, seperti para pecinta reptil, musang dan para pecinta seni lainnya .

para komunitas biola chamber

Add caption

Add caption

penari tradisional sedang mempertunjukan kemampuannya
   Di taman suropati juga kita dapat jumpai sarang burung dara, 2 kolam air mancur, 4 track tonjolan jalan berbatu, artifak semangat asean, bangku - bangku untuk istirahat / duduk santai bersama pasangan, dan lainnya. Untuk yang merasa lapar tak perlu khawatir, karena di taman ini banyak para pedagang mangkal menjajakan makanan - minuman  sekedar pengganjal lapar / haus. Bagi yang ingin ke mushola atau toilet, kita bisa mampir ke masjid sunda kelapa yang ada persis di belakang masjid bapenas.




   Taman suropati juga di kelilingi bangunan - bangunan penting seperti : rumah dinas wakil presiden RI, dubes Amerika, rumah dinas Gubernur DKI, gedung Bappenas, Museum perumusan naskah proklamasi, dan gedung KPU. Makanya di sekitar taman banyak polisi atau keamanan berjaga - jaga. Jika kita coba bidikan kamera dan mengambil gambar ke gedung Dubes Amerika, maka pihak keamanan akan menghampiri dan mencatat biodata kita, ya itu mereka lakukan hanya sebagai prosedur keamanan.
Lokasi Taman suropati cukup mudah di tempuh, jika menggunakan angkutan umum kita bisa naik bus No.213 jurusan Kp melayu - Grogol atau bus No.67 jurusan Blok M - Senen.

  Di seberang Taman suropati juga terdapat sebuah taman dan di tengahnya terdapat air mancur dan patung Pangeran Diponegoro. Di tengah taman ini ada track jalur bagi yang ingin melintas atau menghampiri patung tersebut.





    Jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor, kita bisa parkir di sekitar / sepanjang Taman suropati. Di kenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.
Makin malam suasana makin ramai dan mulai di dominasi para remaja. Jadi jika anda tinggal dan berkantor di kawasan jakarta pusat dan sekitarnya, tak ada salahnya sesekali kita mampir / kongkow - kongkow di sini bersama teman - teman.
 " Jakarta itu tak sesempit yang kau bayangkan' cobalah menikmatinya dari sisi atau sudut yang lain " 

lahan parkir kawasan taman suropati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar